Minggu, 18 September 2011

Tips Membuka Usaha Stationary

Membuka usaha stationary tidak sesusah yang kita bayangkan asal lokasinya tepat dan persediaan produk yang banyak serta menarik. Namun diperlukan juga usaha dan kerja keras supaya usaha kita bisa berkembang dengan baik.
Berikut analisa umum sebelum membuka usaha stationary :
v  Lokasi
Lokasi merupakan komponen yang penting dalam suksesnya usaha. Seperti kata ilmu pemasaran diamana Place merupakan salah satu unsur yang paling penting dalam melakukan usaha. Place atau  Lokasi yang paling baik untuk menjalankan usaha stationary adalah dekat dengan sekolah, universitas, dan kantor karena memang termasuk daerah yang cukup strategis.
v  Persaingan
Setelah kita dapatkan lokasi, lihatlah lingkungan pesaing, jika terlalu banyak toko alat tulis di sekitar lokasi yang kita pilih, maka usaha kita akan mengalami tantangan yang cukup berat, dimana kita tidak bisa menentukan harga semau kita.
v  Stationary
o   Apakah kita akan menjual satu merk atau berbagai merk?
o   Apakah kita beli dari supplier langsung atau beli dari agen besar?
Pemilihan produk stationary juga mempengaruhi laju usaha kita nantinya.
Untuk pemilihan stationary pertama tergantung dari siapa market kita nanti dan berapa harga yang akan kita pasarkan. Apabila pelanggan kita mahasiswa, pelajar maka kualitas mungkin bukan yang utama namun harga haruslah terjangkau. Untuk mendapatkan harga produksi yang jauh lebih murah maka bisa memilih beli dari supplier langsung dan dalam jumlah besar.
Untuk menentukan merk homogen atau heterogen, maka kedua kita harus survey pasar dan lingkungan pelanggan, apabila  banyak pelanggan lebih banyak tertarik dengan merk tertentu maka sebaiknya memilih menjual stationary hanya dengan merk tersebut dengan harga khusus, namun apabila pelanggan lebih mengutamakan harga maka Anda dapat menjual berbagai macam stationary dengan berbagai merk namun dengan harga yang sangat terjangkau.
v  Supplies
Jika pelanggan anda mahasiswa/pelajar, alat tulis merek ‘joyko’ sangat cocok, karena harganya yg terjangkau. Dapatkan barang – barang  tersebut dari grosir utama seperti Fenue Stationary didaerah Pasar Minggu. Semakin banyak yang anda beli, semakin murah harganya.
v  Layanan
Layanan yg baik dan menyenangkan juga mempengaruhi keuntungan Anda, semakin banyak produk yang Anda jual maka keuantungan yang diterima semakin tinggi. Dan Anda harus pandai dalam melilih pegawai toko untuk menjaga toko andam jangan sampai pelanggan kecewa karena pelayanan yang lambat dan buruk.
v  Kualitas
Jika anda tidak dapat bersaing harga, maka anda perlu bersaing dalam kualitas. Di era modern ini banyak orang yang lebih mengutamakan kualitas dibanding harga, jadi anda punya pangsa pasar yang menurut saya tidak sedikit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar